Minggu, 19 Januari 2014

MODUL EKSTRA MC (Pembawa Acara)

MODUL EKSTRA MC
(Pembawa Acara)

2013, Anita Widia Wati Hextaningrum





Cetakan I: Septermber 2013
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Alhamdulillah wa syukrulillah penyusun panjatkan syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan nikmat, rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih diberi kesempatan untuk menuntut ilmu dengan keadaan yang sehat walafiat.
Dalam hal ini, pembawa acara atau yang populer dengan sebutan “Mc” dituntut untuk bisa berkomunikasi yang lebih efektif baik di depan umum maupun antar pribadi. Namun tak jarang dijumpai peserta didik yang masih kesulitan melakukan berbicara di depan umum, untuk itu “modul ekstra” ini dimaksudkan untuk bisa melatih peserta didik agar mampu berkomunikasi dengan lebih baik serta terbiasa untuk mengelola komunikasi di depan umum terutama untuk bisa menjadi pembawa acara (Mc).
Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini banyak terdapat kekurangan. Mungkin dapat diibaratkan bagaikan“tak ada gading yang tak retak”, semua orang di dunia ini tak ada yang sempurna.
Semoga modul ini dapat menambah khasannah keilmuan kita, sehingga kita mendapat tambahan ilmu yang bermanfaat. Amiin.
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb
Blitar, 14 September 2013.


Penyusun




DAFTAR ISI

SAMPUL                                                                                                                                                        
KATA PENGANTAR                                                                                                                                   
DAFTAR ISI                                                                                                                                                 
MATERI                                                                                                                                                        
A.      Pengertian Pembawa Acara (Mc)                                                                                                                  
B.       Tips Menjadi Pembawa Acara (Mc) yang Baik                                                                               
C.       Macam-macam Pembawa Acara (Mc)                                                                                             
D.      Jenis-jenis Acara                                                                                                                              
E.       Cara Membawakan Acara yang Baik                                                                                               
F.       Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menjadi Mc                                                               
G.      Persiapan yang Perlu Dilakukan oleh Pembawa Acara (Mc).
H.      Senam Announcing                                                                                                                          
I.         Contoh Naskah Pembawa Acara (Mc) Formal                                                                                
J.        Lembar Latihan
K.      Praktikum                                                                                                                                         
DAFTAR RUJUKAN                                                                                                                                   .



MATERI

A.      Pengertian Pembawa Acara (Mc)
P
embawa acara oleh masyarakat sering disebut sebagai Mc (Master of ceremony). Apakah benar penyebutan itu..???
Jadi seperti ini teman-teman, hal tersebut tidak salah tetapi juga tidak benar. Mengapa demikian......................???
Karena, antara pembawa acara dengan Mc terdapat persamaan dan perbedaan. Perbedaannya adalah pembawa acara dapat bertugas dalam acara resmi dan tidak resmi, sedangkan MC hanya bertugas dalam acara tidak resmi. Dengan kata lain, dalam acara yang tidak resmi pemandunya dapat disebut sebagai PEMBAWA ACARA atau Mc akan tetapi dalam acara resmi pemamdunya disebut sebagai PEMBAWA ACARA saja. Ada juga masyarakat yang menggunakani istilah protokol, namun istilah ini kurang tepat digunakan. Sedangkan persamaan antara pembawa acara dengan Mc adalah sama-sama bertugas sebagai pemandu dalam suatu acara.
Adapun tugas dan peran pembawa acara (Mc) adalah sebagai berikut:
1.          Harus memastikan acara berjalan dengan lancar dan tepat waktu.
2.          Mengumumkan acara atau susunan acara yang akan berjalan.
3.          Harus paham benar keseluruhan acara yang akan berlangsung.
4.          Menarik perhatian hadirin untuk mengikuti jalnnya acara dari awal hingga akhir.
5.          Menyusun acara dengan baik dan berkoordinasi dengan panitia.
6.          Mengecek pengeras suara (mike) atau sound system agar berfungsi dengan baik.
7.          Mengecek kesiapan acara dan kehadiran orang-orang penting yang akan tampil dan hadir.
8.          Merkonsentrasi diri dan menyimak jalannya acara dengan detail.
9.          Mengendalikan waktu agar acara berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditetapkan.
10.       Mengenalkan pembicara (introducing of the speaker) atau mengisi acar sebelum mereka tampil dipodium/ dipanggung dan pengartar materi yang akan disampaikannya.
11.       Pembawa acara (Mc) adalah orang pertama dan satu-satunya orang yang berhak membuka atau berbicara secara "resmi" kepada hadirin, dan jangan lupa karena pembawa acara (Mc) adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara, maka pembawa acara (Mc) harus memperkenalkan diri sendiri kepada hadirin. 
B.       Tips menjadi Pembawa Acara (Mc) yang Baik


 
1.          Murah senyum, tetapi bukan senyum murahan.
2.          PeDe atau percaya diri.
Berani dan yakin mengenai hal yang akan dilakukan.
3.          Berpenampilan menarik.
Dengan penampilan yang menarik, penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan.
4.          Wawasan/ pengetahuan luas.
Pembawa acara harus memiliki wawasan/ pengetahuan yang luas. Hal ini bisa diraih dengan cara rajin membaca.
5.          Etiket yang baik.
Pembawa acara (Mc) yang memiliki etiket baik akan mendukung penampilan yang menarik. Sehingga, penonton atau pendengar tidak cepat bosan. Etiket yang baik antara lain terdiri dari:
a.        Tidak harus membaca susunan acara kecuali resmi.
b.        Segera meninggalkan mic saat mempersilakan pejabat yg menyambut.
c.        Jangan memulai acara berikutnya sebelum pejabat yang menyambut sampai di tempat duduk.
d.        Untuk mencatat sesuatu gunakan kartu pesan yangg rapi dan menarik, dan jangan mengangkat kertas terlalu tinggi.
e.        Jangan memukul, meniup, atau menggerak-gerakkan mic, sebelum dan pada saat bicara.
6.          Konsentrasi.
Berkonsentrasi akan membantu pembawa acara (Mc) untuk bisa beradaptasi dan berimprovisasi dengan mudah.
7.          Menguasai urutan acara, bekerja sama dengan manager panggung (stage menager).

C.      Macam-macam Pembawa Acara
Adapun macam-macam pembawa acara (Mc) adalah sebagai berikut:
1.     Pembawa acara resmi, dan
2.     Pembawa acara tidak resmi.

D.      Jenis-jenis Acara
Adapun jenis-jenis acara adalah sebagai berikut:
1.     Upacara,
Seperti 17 Agustus, Sumpah Pemuda dan lain-lain.
2.     Resmi,
Seperti seminar, peresmian gedung dan lain-lain.
3.     Semi resmi,
Seperti Perpisahan siswa, pisah kenal pejabat di instansi dll, serta
4.     Tidak resmi (off air, hiburan).
Seperti pesta ulangtahun, pentas musik, dan lain-lain.

E.       Cara Membawakan Acara dengan Baik
1.     Kenali peran anda.
2.     Mengenal peserta.
3.     Meringkas apa yang disampaikan pembicara.
4.     Kendalikan waktu.
5.     Buat penonton bersemangat.
6.     Jangan bicara terlalu cepat.
7.     Tetap rileks.
8.     Buat catatan kecil di kartu pesan.

F.       Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menjadi Pembawa Acara (Mc)
S
elain itu Pembawa Acara (Mc) harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum tampil, antara lain dengan melakukan.
1.     Perancanaan (planning) yang matang
Perencanaan mencakup kegiatan: memilih dan mengkaitkan fakta untuk menciptakan dan memfornulasikan serangkaian kegiatan yang diusulkan dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu sesuai dengan kehendak yang telah ditetapkan bersama. Dengan dilaksanakannya perencanaan ini akan didapatkan manfaat bahwa seluruh kegiatan akan berjalan dengan baik, serasi dan mencapai keberhasilan. Selain itu, hal-hal yang perlu dilakukan dalam perencanaan yang matang adalah sebagai berikut:
a.      Persiapan; bukan Mc saja, tetapi juga berkaitan dengen  ketua panitia, pengisi acara, operator dll.
b.     Menolak menjadi Mc jika ada permintaan mendadak, karena Mc yang ditunjuk berhalangan, dan Anda merasa tidak mampu karena waktu yang mepet untuk koordinasi, maka Anda berhak menolak.
c.      Jika menerima tawaran menjadi Mc; berarti telah siap mental, siap mempelajari jenis acaranya (resmi, semi resmi, atau tdk resmi/santai)
d.     Mengetahui tempat acara (di sekolah, mall, aula besar, hotel, ruang rapat dll, termasuk fasilitas kamar kcil)
e.      Mengikuti gladi kotor dan gladi bersih; dimaksudkan untuk mengetahui detil acara dan memperkirakan jumlah waktu yang tersedia.
f.      Rangkaian peralatan lain;  pastikan ada tidaknya peralatan mic dll, dlm keadaan baik, dmn posisi Mc, dsb.
2.     Pengorganisasian (organizing)
Kegiatan yang termasuk dalam pengorganisasian adalah menentukan sub fungsi. Fungsi yang dianggap penting untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan melimpahkan wewenang dan tanggung jawab seperlunya kepada orang-orang yang dapat diserahi ataupun dapat dipercaya melaksanakannya.
Dengan melaksanakan pengorganisasian dapat dicapai manfaat sebagai berikut.
a.    Setiap pembawa acara (Mc) mengetahui kegiatan atau sikap apakah yang harus dilakukan.
b.    Hubungan kerja antara petugas dapat ditentukan secara jelas.
c.    Kegiatan para petugas terkoordinasikan, terarah dan menghasilkan kesatuan tindakan.
d.   Para petugas beserta peralatan yang tersedia dapat digunakan dan mencapai hasil yang optimal.

3.     Penggerakkan (actuating)
Kegiatan penggerakkan dimaksudkan untuk supaya segenap petugas dapat mencapai tujuan yang tepat sesuai dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian sebagai mana yang telah dilakukan oleh pemimpin. Manfaat dari adanya penggerakan adalah melatih kepribadian, percaya diri, dan berpengawasan atas pekerjaannya sendiri.
4.     Pengawasan (controlling)
Kegiatan pengawasan adalah penentuan suatu hal yang telah dilaksanakan, menilai dan bila perlu mengambil langkah-langkah perbaikan agar pelaksanaan suatu tugas/ pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana semula.
5.     Pengkoordinasian (coordinating)
Kegiatan pengkoordinasian adalah kegiatan menyatu padukan dan menyerasikan upaya-upaya petugas yang menyangkut kualitas, kuantitas, waktu, personil maupun pengarahannya, sehingga menghasilkan tindakan-tindakan yang bersatu padu, serasi, tepat sasaran dan mencapai tujuan.
6.     Pengambilan keputusan (decision  making)
Pengambilan keputusan adalah kegiatan memilih suatu tindakan diantara beberapa kemungkinan untuk bertindak (alternative) dalam berbagai keadaan. Hal ini dapat kita artika sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan berimprovisasi atas suatu keadaan tertentu.
Demikianlah hal-hal yang perlu dipersiapkan pembawa acara (Mc) dalam upaya mensukseskan pelaksanaan tugas-tugasnya dalam berbagai kegiatan.
H.      Senam Announcing
1.          LION FACE : melemaskan otot wajah.
2.          MENGURUT RAHANG : melemaskan otot wajah.
3.          MELIPAT LIDAH KE ATAS : melenturkan lidah .
4.          MELIPAT LIDAH KE BAWAH : melenturkan lidah.
5.          MENYAPU BIBIR : melenturkan lidah .
6.          MOTORBOAT (GETARKAN BIBIR) : melatih pernafasan.
7.          MENGATUPKAN GIGI : melemaskan otot rahang.
8.          LATIHAN LEHER : memperkuat otot leher dan bahu.
9.          PIJAT TENGGOROKAN : melenturkan tenggorokan dan pita suara.
10.       MEMUTAR BAHU : memperkuat otot bahu dan agar tahan lama saat duduk.
11.       ANGEL WINGS : melenturkan otot bahu dan melenturkan punggung.
12.       PINGPONG : memperkuat bahu dan melatih artikulasi.
13.       NAFAS PANJANG : memperkuat pernafasan.
14.       PIF-PAF : melenturkan otot perut.
15.       REACHING THE STAR : memperkuat otot pinggang dan punggung.

I.        Kumpulan Contoh Naskah Pembawa Acara (Mc)
1.        Upacara Berdera (acara upacara)
2.        Seminar (acara resmi)
3.        Acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI  (acara semi resmi)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Desa Plosokerep,
Yang kami hormati Bapak Carik Desa Plosokerep,
Bapak-bapak Ketua RW
dan RT seluruh desa Plosokerep, serta
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin
sekalian yang kami muliakan,
Alhamdulillah, marilah kita bersama-sama berterima kasih dan bersyukur kepada Allah S.W.T, karena dengan rahmat-Nya kita semua bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa sholawat serta salam kita lantunkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W, yang mana beliaulah Rosul yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul kiamah.
Atas nama panitia, kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka memeriahkan dan memperingati hari besar nasional, yakni hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indnesia yang ke-…. Semoga acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Amiin.
Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera saja kami bacakan susunan acara pada malam hari ini, sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Mengheningkan cipta
4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
5. Sambutan Bapak
Kepala Desa
6. Pembagian hadiah
7. Pembacaan doa
8. Acara hiburan, dan
9. Penutup
Demikianlah susunan acara pada malam hari ini, selanjutnya marilah kita buka acara ini dengan bacaan umul kitab.
Acara yang kedua adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk itu rekan kami Saudari Angelia kami persilahkan........., dan hadirin kami persilakan berdiri.
***** ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****
Terima kasih, hadirin kami persilahkan duduk kembali.
Bapak-bapak. Ibu-ibu, dan hadirin yang kami muliakan, tibalah sekarang acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama ialah dari Bapak Ketua Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-…. Kepada Bapak Arjuno kami persilakan.
***** SAMBUTAN BAPAK KETUA PANITIA *****
Terima kasih, kepada Bapak Arjuno
Dan acara berikutnya ialah sambutan dari Bapak Kepala Desa Plosokerep. Untuk itu kepada Bapak Imron kami persilakan
***** SAMBUTAN BAPAK KEPALA DESA *****
Demikian sambutan dari Bapak Kepala Desa Plosokerep, semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Kepala Desa. Terima kasih Bapak Haji Imron.
Hadirin yang kami hormati, acara berikutnya ialah pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh adik-adik kita Karang Taruna, yang dengan sukses ikut partisipasi secara aktif memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini. Untuk itu acara berikut kami serahkan sepenuhnya kepada adik Irwan Gunawan. Kepada adik Irwan kami persilahkan.
***** ACARA PEMBAGIAN HADIAH OLEH KARANG TARUNA *****
Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke arah puncak, baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak Modin selaku sesepuh desa. Yang kami hormati Bapak H. Mohammad Syaifullah kami persilahkan.
***** ACARA PEMBACAAN DOA *****
Amiin...amiin...Ya Robbal’alamin. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak H. Mohammad Syaifullah.
Hadirin yang berbahagia,
Tibalah saatnya pada acara yang kita tunggu-tunggu yakni acara hiburan yang akan ditampilkan oleh adik-adik remaja desa kita. Untuk itu, sepenuhnya acara ini akan kami serahkan kepada Mc kita, Irawan Gunawan.

Atas nama panitia, kami mohon maaf jika acara pada malam hari ini masih belum sempurna. Terima kasih dan selamat menikmati sajian acara berikutnya. Sekian dari saya dan wassalamualaikum wr. wb.
Kepada Adhik Irawan Gunawan, kami persilakan
***** ACARA HIBURAN, DITERUSKAN DENGAN PENUTUP *****
Teman-teman....
Coba buatlah naskah Mc yang akan disampaikan Irawan Gunawan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adapun hiburan yang akan ditampilkan adalah sebagai berikut.
1.     Penampilan Nasyid dari Suara Pelangi.
2.     Penampilan tari dari adhik-adhik desa Plosokerep.
3.     Penampilan menyanyi dari Adhik Sinta, dan
4.     Penampilan Rabbana dari Remas Al-Amin.
Lembar Latihan Siswa







Tidak ada komentar:

Posting Komentar