MODUL EKSTRA MC
(Pembawa Acara)
2013, Anita Widia Wati
Hextaningrum
Cetakan I: Septermber 2013
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Alhamdulillah wa syukrulillah
penyusun panjatkan syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan nikmat,
rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita
masih diberi kesempatan untuk menuntut ilmu dengan keadaan yang sehat walafiat.
Dalam hal ini, pembawa acara atau
yang populer dengan sebutan “Mc”
dituntut untuk bisa berkomunikasi yang lebih efektif baik di depan umum maupun
antar pribadi. Namun tak jarang dijumpai peserta didik yang masih kesulitan
melakukan berbicara di depan umum, untuk itu “modul ekstra” ini dimaksudkan
untuk bisa melatih peserta didik agar mampu berkomunikasi dengan lebih baik
serta terbiasa untuk mengelola komunikasi di depan umum terutama untuk bisa
menjadi pembawa acara (Mc).
Penyusun menyadari bahwa dalam
penyusunan modul ini banyak terdapat kekurangan. Mungkin dapat diibaratkan
bagaikan“tak ada gading yang tak retak”,
semua orang di dunia ini tak ada yang sempurna.
Semoga modul ini dapat menambah khasannah
keilmuan kita, sehingga kita mendapat tambahan ilmu yang bermanfaat. Amiin.
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb
Blitar,
14 September 2013.
Penyusun
DAFTAR
ISI
SAMPUL
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
MATERI
A. Pengertian Pembawa Acara (Mc)
B. Tips Menjadi Pembawa Acara (Mc) yang Baik
C. Macam-macam Pembawa Acara (Mc)
D. Jenis-jenis Acara
E. Cara Membawakan Acara yang Baik
F. Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menjadi Mc
G. Persiapan yang Perlu Dilakukan oleh Pembawa Acara (Mc).
H. Senam Announcing
I.
Contoh
Naskah Pembawa Acara (Mc) Formal
J.
Lembar
Latihan
K. Praktikum
DAFTAR
RUJUKAN .
MATERI
A. Pengertian Pembawa Acara (Mc)
P
|
embawa
acara oleh masyarakat sering disebut sebagai Mc (Master of ceremony). Apakah benar penyebutan itu..???
Jadi
seperti ini teman-teman, hal tersebut tidak salah tetapi juga tidak benar.
Mengapa demikian......................???
Karena,
antara pembawa acara dengan Mc terdapat persamaan dan perbedaan. Perbedaannya
adalah pembawa acara dapat bertugas dalam acara resmi dan tidak resmi,
sedangkan MC hanya bertugas dalam acara tidak resmi. Dengan kata lain, dalam
acara yang tidak resmi pemandunya dapat disebut sebagai PEMBAWA ACARA atau Mc
akan tetapi dalam acara resmi pemamdunya disebut sebagai PEMBAWA ACARA saja. Ada juga masyarakat yang menggunakani istilah protokol,
namun istilah ini kurang tepat digunakan. Sedangkan persamaan antara pembawa
acara dengan Mc adalah sama-sama bertugas sebagai pemandu dalam suatu acara.
Adapun
tugas dan peran pembawa acara (Mc) adalah sebagai berikut:
1.
Harus
memastikan acara berjalan dengan lancar dan tepat waktu.
2.
Mengumumkan
acara atau susunan acara yang akan berjalan.
3.
Harus
paham benar keseluruhan acara yang akan berlangsung.
4.
Menarik
perhatian hadirin untuk mengikuti jalnnya acara dari awal hingga akhir.
5.
Menyusun
acara dengan baik dan berkoordinasi dengan panitia.
6.
Mengecek
pengeras suara (mike) atau sound system agar berfungsi dengan
baik.
7.
Mengecek
kesiapan acara dan kehadiran orang-orang penting yang akan tampil dan hadir.
8.
Merkonsentrasi diri dan menyimak jalannya acara dengan detail.
9.
Mengendalikan
waktu agar acara berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditetapkan.
10. Mengenalkan pembicara (introducing
of the speaker) atau mengisi acar sebelum mereka tampil dipodium/ dipanggung dan pengartar materi yang akan
disampaikannya.
11. Pembawa acara (Mc) adalah orang pertama dan
satu-satunya orang yang berhak membuka atau berbicara secara "resmi"
kepada hadirin, dan jangan
lupa karena pembawa acara (Mc)
adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara, maka pembawa acara (Mc) harus memperkenalkan diri sendiri
kepada hadirin.
B.
Tips menjadi Pembawa Acara (Mc) yang Baik
1.
Murah
senyum, tetapi bukan senyum murahan.
2.
PeDe atau percaya diri.
Berani dan
yakin mengenai hal yang akan dilakukan.
3.
Berpenampilan menarik.
Dengan penampilan yang menarik,
penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan.
4.
Wawasan/ pengetahuan luas.
Pembawa acara
harus memiliki wawasan/ pengetahuan yang luas. Hal ini bisa diraih dengan cara
rajin membaca.
5.
Etiket yang baik.
Pembawa acara
(Mc) yang memiliki etiket baik akan mendukung penampilan yang menarik.
Sehingga, penonton atau pendengar tidak cepat bosan. Etiket yang baik antara
lain terdiri dari:
a.
Tidak harus membaca susunan acara kecuali
resmi.
b.
Segera
meninggalkan mic saat mempersilakan
pejabat yg menyambut.
c.
Jangan memulai acara berikutnya sebelum pejabat yang menyambut sampai di tempat duduk.
d.
Untuk mencatat sesuatu gunakan kartu
pesan yangg
rapi dan menarik, dan jangan mengangkat kertas terlalu tinggi.
e.
Jangan memukul, meniup, atau
menggerak-gerakkan mic, sebelum dan pada saat bicara.
6.
Konsentrasi.
Berkonsentrasi
akan membantu pembawa acara (Mc) untuk bisa beradaptasi dan berimprovisasi dengan mudah.
7.
Menguasai
urutan acara,
bekerja sama dengan manager panggung (stage menager).
C.
Macam-macam
Pembawa Acara
Adapun
macam-macam pembawa acara (Mc) adalah sebagai berikut:
1. Pembawa acara
resmi, dan
2. Pembawa acara
tidak resmi.
D.
Jenis-jenis
Acara
Adapun
jenis-jenis acara adalah sebagai berikut:
1.
Upacara,
Seperti 17
Agustus, Sumpah Pemuda dan lain-lain.
2.
Resmi,
Seperti
seminar, peresmian gedung dan lain-lain.
3.
Semi resmi,
Seperti
Perpisahan siswa, pisah kenal pejabat di instansi dll, serta
4.
Tidak resmi (off air, hiburan).
Seperti pesta
ulangtahun, pentas musik, dan lain-lain.
E.
Cara Membawakan
Acara dengan Baik
1. Kenali peran anda.
2. Mengenal peserta.
3. Meringkas apa yang disampaikan pembicara.
4. Kendalikan waktu.
5. Buat penonton bersemangat.
6. Jangan bicara terlalu cepat.
7. Tetap rileks.
8.
Buat
catatan kecil di kartu pesan.
F.
Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menjadi Pembawa
Acara (Mc)
S
|
elain itu Pembawa Acara (Mc) harus
mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum tampil, antara lain dengan melakukan.
1. Perancanaan (planning) yang matang
Perencanaan
mencakup kegiatan: memilih dan mengkaitkan fakta untuk menciptakan dan
memfornulasikan serangkaian kegiatan yang diusulkan dalam rangka mencapai suatu
tujuan tertentu sesuai dengan kehendak yang telah ditetapkan bersama. Dengan
dilaksanakannya perencanaan ini akan didapatkan manfaat bahwa seluruh kegiatan
akan berjalan dengan baik, serasi dan mencapai keberhasilan. Selain itu,
hal-hal yang perlu dilakukan dalam perencanaan yang matang adalah sebagai
berikut:
a. Persiapan;
bukan Mc saja, tetapi juga berkaitan dengen ketua panitia, pengisi acara, operator dll.
b. Menolak
menjadi Mc
jika ada
permintaan mendadak, karena Mc yang ditunjuk
berhalangan, dan Anda merasa tidak mampu karena waktu yang mepet untuk koordinasi, maka Anda berhak menolak.
c. Jika menerima tawaran menjadi Mc; berarti telah siap mental, siap mempelajari
jenis acaranya (resmi, semi resmi, atau tdk resmi/santai)
d. Mengetahui tempat acara (di sekolah, mall, aula
besar, hotel, ruang rapat dll, termasuk fasilitas kamar kcil)
e. Mengikuti gladi kotor dan gladi bersih;
dimaksudkan untuk mengetahui detil acara dan
memperkirakan jumlah waktu yang tersedia.
f. Rangkaian peralatan lain; pastikan ada tidaknya peralatan mic dll, dlm keadaan baik, dmn posisi Mc,
dsb.
2. Pengorganisasian (organizing)
Kegiatan
yang termasuk dalam pengorganisasian adalah menentukan sub fungsi. Fungsi yang
dianggap penting untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan melimpahkan
wewenang dan tanggung jawab seperlunya kepada orang-orang yang dapat diserahi
ataupun dapat dipercaya melaksanakannya.
Dengan melaksanakan pengorganisasian
dapat dicapai manfaat sebagai berikut.
a.
Setiap
pembawa acara (Mc) mengetahui kegiatan atau sikap apakah yang harus dilakukan.
b.
Hubungan
kerja antara petugas dapat ditentukan secara jelas.
c.
Kegiatan
para petugas terkoordinasikan, terarah dan menghasilkan kesatuan tindakan.
d. Para petugas beserta peralatan yang
tersedia dapat digunakan dan mencapai hasil yang optimal.
3. Penggerakkan (actuating)
Kegiatan
penggerakkan dimaksudkan untuk supaya segenap petugas dapat mencapai tujuan
yang tepat sesuai dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian sebagai mana yang
telah dilakukan oleh pemimpin. Manfaat dari adanya penggerakan adalah melatih
kepribadian, percaya diri, dan berpengawasan atas pekerjaannya sendiri.
4. Pengawasan (controlling)
Kegiatan
pengawasan adalah penentuan suatu hal yang telah dilaksanakan, menilai dan bila
perlu mengambil langkah-langkah perbaikan agar pelaksanaan suatu tugas/
pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana semula.
5. Pengkoordinasian (coordinating)
Kegiatan
pengkoordinasian adalah kegiatan menyatu padukan dan menyerasikan upaya-upaya
petugas yang menyangkut kualitas, kuantitas, waktu, personil maupun
pengarahannya, sehingga menghasilkan tindakan-tindakan yang bersatu padu,
serasi, tepat sasaran dan mencapai tujuan.
6. Pengambilan keputusan (decision
making)
Pengambilan
keputusan adalah kegiatan memilih suatu tindakan diantara beberapa kemungkinan
untuk bertindak (alternative) dalam berbagai keadaan. Hal ini dapat kita artika
sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan berimprovisasi atas suatu keadaan
tertentu.
Demikianlah
hal-hal yang perlu dipersiapkan pembawa acara (Mc) dalam upaya mensukseskan
pelaksanaan tugas-tugasnya dalam berbagai kegiatan.
H.
Senam
Announcing
1.
LION FACE : melemaskan otot wajah.
2.
MENGURUT RAHANG : melemaskan otot wajah.
3.
MELIPAT LIDAH KE ATAS : melenturkan lidah .
4.
MELIPAT LIDAH KE BAWAH : melenturkan lidah.
5.
MENYAPU BIBIR : melenturkan lidah .
6.
MOTORBOAT (GETARKAN BIBIR) : melatih pernafasan.
7.
MENGATUPKAN GIGI : melemaskan otot rahang.
8.
LATIHAN LEHER : memperkuat otot leher dan bahu.
9.
PIJAT TENGGOROKAN : melenturkan tenggorokan dan pita
suara.
10.
MEMUTAR BAHU : memperkuat otot
bahu dan agar tahan lama saat duduk.
11. ANGEL WINGS
: melenturkan otot bahu dan melenturkan punggung.
12. PINGPONG :
memperkuat bahu dan melatih artikulasi.
13. NAFAS
PANJANG : memperkuat pernafasan.
14. PIF-PAF :
melenturkan otot perut.
15. REACHING
THE STAR : memperkuat otot pinggang dan punggung.
I.
Kumpulan Contoh Naskah Pembawa Acara (Mc)
1.
Upacara Berdera (acara upacara)
2.
Seminar (acara resmi)
3.
Acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI (acara semi resmi)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang
terhormat Bapak Kepala Desa Plosokerep,
Yang kami hormati Bapak Carik Desa Plosokerep,
Bapak-bapak Ketua RW dan RT seluruh desa Plosokerep, serta
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin sekalian yang kami muliakan,
Yang kami hormati Bapak Carik Desa Plosokerep,
Bapak-bapak Ketua RW dan RT seluruh desa Plosokerep, serta
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin sekalian yang kami muliakan,
Alhamdulillah, marilah kita bersama-sama
berterima kasih dan bersyukur kepada Allah S.W.T, karena dengan rahmat-Nya
kita semua bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa sholawat serta salam kita lantunkan kepada junjungan kita Nabi
Muhammad S.A.W, yang mana beliaulah Rosul yang kita nanti-nantikan syafaatnya
di yaumul kiamah.
Atas nama panitia, kami menyampaikan terima kasih kepada
hadirin, yang dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami
dalam rangka memeriahkan dan memperingati hari besar nasional, yakni hari
ulang tahun Kemerdekaan Republik Indnesia yang ke-…. Semoga acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Amiin.
Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera
saja kami bacakan susunan acara pada malam hari
ini, sebagai
berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Mengheningkan cipta
4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
5. Sambutan Bapak Kepala Desa
6. Pembagian hadiah
7. Pembacaan doa
8. Acara hiburan, dan
9. Penutup
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Mengheningkan cipta
4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
5. Sambutan Bapak Kepala Desa
6. Pembagian hadiah
7. Pembacaan doa
8. Acara hiburan, dan
9. Penutup
Demikianlah susunan acara pada malam hari ini, selanjutnya marilah kita buka acara ini dengan bacaan umul kitab.
Acara yang kedua adalah menyanyikan lagu Indonesia
Raya. Untuk itu rekan kami Saudari Angelia
kami persilahkan.........,
dan hadirin kami persilakan berdiri.
*****
ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****
Terima kasih, hadirin kami persilahkan duduk
kembali.
Bapak-bapak. Ibu-ibu, dan hadirin yang kami muliakan, tibalah sekarang
acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama ialah dari Bapak
Ketua Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang
ke-…. Kepada Bapak Arjuno kami persilakan.
*****
SAMBUTAN BAPAK KETUA PANITIA *****
Terima kasih, kepada Bapak Arjuno
Dan acara berikutnya ialah
sambutan dari Bapak Kepala Desa Plosokerep. Untuk itu kepada Bapak Imron
kami persilakan
*****
SAMBUTAN BAPAK KEPALA DESA *****
Demikian sambutan dari Bapak Kepala Desa Plosokerep,
semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Kepala Desa.
Terima kasih Bapak Haji Imron.
Hadirin yang kami hormati, acara berikutnya ialah pembagian hadiah.
Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh adik-adik
kita Karang Taruna, yang dengan sukses ikut partisipasi secara aktif
memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini. Untuk itu acara berikut
kami serahkan sepenuhnya kepada adik Irwan Gunawan.
Kepada adik
Irwan kami persilahkan.
*****
ACARA PEMBAGIAN HADIAH OLEH KARANG TARUNA *****
Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke arah puncak,
baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang dalam hal ini akan dipimpin
oleh Bapak Modin selaku sesepuh desa. Yang kami hormati Bapak H.
Mohammad Syaifullah kami persilahkan.
*****
ACARA PEMBACAAN DOA *****
Amiin...amiin...Ya
Robbal’alamin. Terima
kasih kami ucapkan kepada Bapak H. Mohammad Syaifullah.
Hadirin yang berbahagia,
Tibalah saatnya pada acara yang kita
tunggu-tunggu yakni acara hiburan yang akan ditampilkan oleh adik-adik remaja desa
kita. Untuk itu, sepenuhnya acara ini akan kami serahkan kepada Mc kita, Irawan Gunawan.
Atas nama panitia, kami mohon maaf jika acara pada malam hari ini masih belum sempurna. Terima kasih dan selamat menikmati sajian acara berikutnya. Sekian
dari saya dan wassalamualaikum
wr. wb.
Kepada Adhik Irawan Gunawan,
kami persilakan
*****
ACARA HIBURAN, DITERUSKAN DENGAN PENUTUP *****
Teman-teman....
Coba buatlah naskah Mc yang akan disampaikan Irawan
Gunawan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adapun hiburan
yang akan ditampilkan adalah sebagai berikut.
1.
Penampilan
Nasyid dari Suara Pelangi.
2.
Penampilan
tari dari adhik-adhik desa Plosokerep.
3.
Penampilan menyanyi
dari Adhik Sinta, dan
4.
Penampilan
Rabbana dari Remas Al-Amin.
Lembar Latihan Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar